cover
Contact Name
Elga Yanuardianto
Contact Email
jurnalfajarpai22@gmail.com
Phone
+6287839366678
Journal Mail Official
jurnalfajarpai22@gmail.com
Editorial Address
Jln. Kyai Mojo No.101 P.O. Kotak 170 Jember 68133 Telp./Fax (0331) 488675
Location
Kab. jember,
Jawa timur
INDONESIA
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 28092864     EISSN : 28084527     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Jember merupakan wadah publikasi yang berupa hasil penelitian dan kajian ilmiah Dosen, Guru, Praktisi, Pengawas, dan Mahasiswa yang membahas tentang permasalahan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan pemikiran Tokoh Pendidikan Agama Islam. Artikel yang diterbitkan dalam FAJAR: Jurnal Pendidikan Islam ruang lingkup kajiannya sebagai berikut: 1. Pembelajaran Pendidikan Islam; 2. Kurikulum Pendidikan Islam; 3. Inovasi Pembelajaran Pendidikan Islam; 4. Perkembangan-Perkembangan Anak; 5. Tekhnologi dan Media Pembelajaran; 6. Konsep Ide, Teori dan Praktik Pendidikan Islam; 7. Kajian Pendidikan dalam Prespektif Islam; 8. Penelitian Pendidikan Agama Islam; 9. Kompetensi dan Profesionalisme Guru; 10. Kajian Kritis terhadap Problem dan alternative Pendidikan Agama Islam; 11. Kajian Analisis Pemikiran Tokoh Pendidikan Agam Islam; 12. Pendidikan Karakter; 13. Manajemen Pendidikan.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)" : 6 Documents clear
Aplikasi Metode Yanbua terhadap Kualitas Tilawatil Quran di TPQ Desa Tanjung Rejo Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember Fitriyatul Hanifiyah; Siti Wahidatul Husna
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1231

Abstract

Al-Qur’an artinya bacaan yang berasal dari kata qoro’a. Definisi lainAl-Qur’an ialah kalam Allah SWT atau mukjizat Nabi Muhammad SAW yang ditulis dalam mushaf dan diriwayatkan secara mutawatir serta membacanya adalah ibadah. Setiap muslim mukmin mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk mempelajari dan mengajarkannya. Metode praktis pembelajaran membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Azhariyah menggunakan Metode Yanbu’a. Metode Yanbu’a adalah metode baca tulis dan menghafal Al-Qur’an dengan teknik membacanya tidak boleh mengeja, membaca langsung dengan cepat, tepat, lancar dan tidak putus-putus disesuaikan dengan kaidah makharijul huruf. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Aplikasi Metode Yanbu’a terhadap Kualitas Tilawatil Qur’an di TPQ Al-Azhariyah Desa Tanjungrejo Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember dan Implikasi Penerapan Metode Yanbu’a terhadap Kualitas Tilawatil Qur’an di TPQ Al-Azhariyah Desa Tanjungrejo Kecammatan Wuluhan Kabupaten Jember . Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Sedangkan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa Metode Yanbu’a sangat efektif dalam meningkatkan kualitas membaca Al-Qur’an santri, juga mampu mengembangkan pembelajaran membaca Al-Qur’an karena terbukti mampu mengajarkan santri bagaimana cara membaca Al-Qur’an dengan baik,yakni lancar, cepat,benar dan tepat yang dibuktikan dengan jumlah santri yang banyak dan tingkat penyelesaiannya cepat serta membacanya lancar. Penelitian dilakukan berdasarkan perencanaan, pelaksanaan dan dapat memberikan implikasi yang signifikan dalam kualitas tilawatil Qur’an santriAl-Azhariyah desa Tanjungrejo kecamatan Wuluhan Jember.
Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur'an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali Abid Nurhuda; Abdulloh Hadziq
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1256

Abstract

Program Tahfidz Al-Qur’an memiliki banyak fungsi salah satunya ialah untuk menguatkan karakter dan nilai-nilai keagamaan siswa, terlebih di era globalisasi yang mana sangat rentan akan terjadinya pergeseran budaya dan degradasi moral. sehingga banyak lembaga pendidikan umum negeri maupun swasta yang mengadakan program tahfidz dengan harapan jika siswa dekat dengan Al-Qur’an nantinya akan berakhlaq serta berkepribadian baik. Salah satunya adalah SMPTQ Abi Ummi Boyolali dengan berlandaskan Boarding School disertai program unggulannya ialah Tahfidz Al-Qur’an yang menargetkan hafal 5 Juz dalam waktu 1 tahun. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan program tahfidz Al-Qur’an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan datanya menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi mulai September 2021-Desember 2021 lalu dianalisis, disajikan dan terakhir disimpulkan. Adapun hasilnya adalah Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an di Boarding School SMPTQ Abi Ummi Boyolali sudah cukup ideal karena pengelolaannya telah menentukan waktu, lingkungan, tempat, materi dan metode yang beragam. Lalu ada keterlibatan musyrif tahfidz secara langsung, mengupgrade kemampuan dan terecruit secara berstandar. Serta adanya dukungan orang tua melalui peran sekolah. Dan terakhir adanya kontrol dari atasan.
Implementasi Program BTA (Baca Tulis Al Quran) dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Quran Santri Anis Rofi Hidayah; Fitriyatul Hanifiyah; Fatimatuz zahro’
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1382

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi program BTA di MTS Darussalam jenggawah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian diskriptif melalui 3 aspek manajemen yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Data yang dianalisis dalam penelitian ini berupa narasi transkrip yang dihasilkan melalui wawancara dan dokumentasi melalui 3 tahap analisis yaitu reduksi data, penyajian data, dan trianggulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan dalam program BTA dilakukan oleh penyelenggara untuk menentukan tujuan, membuat rencana jangka pendek dan rencana jangka panjang sebagai tujuan utama dari program BTA dipergunakan agar efektif dan efisien. Pengorganisasian dalam program BTA ini menetapkan struktur organisasi, merumuskan tugas serta menetapkan standar operasional prosedur serta menunjukkan garis kewenangan dan tanggung jawab sesuai dengan posisi. Pelaksanaan program BTA yaitu melaksanakan kegiatan-kegiatan pada tahapan pembudayaan membaca dan menulis Al-Qur’an yaitu tahap pembiasaan yang berisi cara madrasah membiasakan siswa siswi untuk membaca dan membangun lingkungan yang agamis. Evaluasi yang dilakukan dalam pelaksanaan bimbingan BTA di MTS Darussalam adalah penilaian tes yang berupa tes lisan dan tes tulis. Keberhasilan seorang guru dalam mengajar tidak hanya ditentukan dari nilai yang didapat oleh siswa, tetapi juga. Penilaian dengan melihat perilaku dan keaktifan siswa dalammatapelajarantersebut.
The Concept of The Ideal Teacher According to KH. Muhammad Hasyim Asy'ari Ahmad Halid
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1391

Abstract

This article reveals the concept of the ideal teacher according to KH. Hasyim Asy'ari. Effective education is that there is an ideal teacher. The ideal teacher is a teacher who understands teacher ethics and educates students conscientiously and meets the standardization of requirements as a teacher, namely having knowledge, faith, noble character and having learning tools and implementing well as well as assessing and improving learning. This article has a problem, namely how the concept of an ideal teacher according to KH. Hasyim Asy'ari. This study uses a qualitative and literary approach by sharpening comparative analysis and triangulation. The result of this research is that the teacher should apply morality as an educator and teacher, the teacher writes the subject matter and the teacher cleans the mind and aims to get the pleasure of Allah swt. A good teacher is a teacher who has morals to students, namely his noble personality when carrying out his functions and roles as teachers; educate, teach and train, both inwardly. Outwardly, such as in speaking softly, spreading greetings, mastering learning materials and methods, easy-to-understand delivery and so on.
Aktualisasi Manajemen Peningkatan Mutu Pengawas Berbasis Madrasah di MAN 1 Jember M Zuhdi Alfian
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1409

Abstract

Peningkatan kualitas pendidikan bukanlah tugas yang ringan, karena tidak hanya berkaitan dengan permasalahan teknis, tetapi mencakup berbagai persoalan yang sangat rumit dan kompleks, baik yang menyangkut perencanaan, pendanaan, maupun efisiensi dan efektifitas penyelenggaraan sistem madrasah. Peningkatan kualitas pendidikan juga menuntut manajemen  pendidikan yang lebih baik. Lemahnya manajemen  pendidikan memberi dampak terhadap efisiensi internal pendidikan dari sejumlah perserta didik yang putus sekolah atau tinggal kelas. Pendidikan memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kemajuan suatu bangsa, dan merupakan wahana dalam menerjemahkan pesan-pesan kontribusi serta sarana dalam membangun watak bangsa (nation character building). Masyarakat yang cerdas akan memberi nuansa kehidupan yang cerdas pula, dan secara progresif akan membentuk kemandirian. Dewasa ini, manajemen  pendidikan di Indonesia mengenal dua mekanisme pengaturan yaitu sistem sentralisasi dan desentralisasi, dalam sistem sistem sentralisasi segala sesuatu yang berkenaan dengan penyelenggaraan pendidikan diatur secara ketat oleh pemerintah pusat. Sementara desentralisasi, wewenang pengaturan tersebut diserahkan kepada pemerintah daerah. Yang perlu ditegaskan bahwa implikasi desentralisasi manajemen pendidikan adalah kewenangan yang lebih besar diberikan kepada kabupaten dan kota untuk mengolah pendidikan sesuai dengan potensi dan kebutuhan daerahnya Manajemen peningkatan mutu berbasis madrasah merupakan model Manajemen yang memberikan otonomi lebih besar kepada madrasah, memberikan fleksibilitas/keluwesan-keluwesan kepada madrasah, dan mendorong partisipasi secara langsung warga madrasah (guru, siswa, kepala madrasah, karyawan) dan masyarakat (orang tua siswa, tokoh masyarakat, ilmuwan, pengusaha, dsb.) untuk meningkatkan mutu madrasah berdasarkan kebijakan pendidikan nasional serta peraturan perundang-undangan yang berlaku. Kata Kunci: Manajemen Peningkatan Mutu Pengawas, Madrasah                                          
Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember Nuzzulul Ulum; Sirrotul Azizah
FAJAR Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2 No. 1 (2022): FAJAR Jurnal Pendidikan Islam (Maret)
Publisher : Program Studi Pendidikan Agama Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56013/fj.v2i1.1619

Abstract

Abstrak: Bahasa Arab merupakan bahasa yang digunakan dalam kitab suci umat Islam yakni Al-Qur’an. Untuk memahami kitab suci Al-Qur’an tersebut, mempelajari bahasa Arab menjadi hal yang penting terutama bagi umat islam. Fokus penelitian ini adalah Bagaimana Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesanten Al-Qur’an Putri Ibnu Katsir Jember? Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian berbentuk survey atau lapangan. Penentuan subjek data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis content model interaktif oleh Miles, Hubermen dan Saldana. Keabsahan data menggunakan tehnik triangulasi sumber data. Hasil dari penelitian adalah 1. Perencanaan pembelajaran bahasa Arab menyesuaikan dengan keterampilan dasar dalam berbahasa yakni, kemampuan membaca (al miftah), kemampuan berbicara (al mukhawaroh al haditsah bil lughoh arabiah), kosa kata (ilqo’ mufrodat), kemampuan menulis (muhadhoroh), kemampuan mendengar (mukhawaroh). 2. Pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. 3. Evaluasi pembelajaran bahasa Arab di PPA Putri Ibnu Katsir Jember terdiri dari 2 macam yakni evaluasi formatif untuk pembelajaran bahasa Arab al Miftah, al mukhawaroh al haditsah bil lughoh arabiah, ilqo’ mufrodat, muhadhoroh, dan evaluasi sumatif. Key Words: Pembelajaran, Bahasa Arab

Page 1 of 1 | Total Record : 6